Kamis, 17 Oktober 2013

Informasi Seputar Planet Saturnus

Saturnus adalah salah satu dari 5 planetyang dapat terlihat dengan mata telanjang. Bahkan, sering kali muncul sebagai salah satu bintang paling terang di langit. Ini dia 10 fakta mengenai Planet Saturnus yang mungkin beberapa dari kalian belum mengetahuinya.

1. Saturnus adalah Planet di Tata Surya dengan kerapatan paling kecil.
Saturnus memiliki kerapatan 0,687 gram/cm3. Sebagai perbandingan, air kerapatannya 1 gram/cm3 dan Bumi adalah 5,52 gram/cm3. Karena Saturnus kerapatannya kurang dari air maka ia akan mengapung seperti apel jika kalian dapat menemukan kolam yang cukup untuk meletakkan planet Saturnus

2. Saturnus adalah bola rata.
Saturnus berotasi sangat cepat pada axis. Ketika jarak dari pusat ke kutub adalah 54.000 km, jarakdari pusat ke ekuatoradalah 60.300 km. Dengan kata lain, lokasi di ekuator sekitar 6.300 km lebih jauh dari pusat ke kutub.

3. Astronom pertama berpikir bahwa cincin Saturnus adalah satelit.
Ketika Galileo pertama kali mengalihkan teleskopnya yang belum sempurna ke arah Saturnus pada tahun 1610, dia dapat melihat Saturnus dan cincinnya, tapi dia tidak tau apa yang telah dia lihat. Dia berpikir bahwa cincin itu mungkin sebenarnya 2 bulan besar yang terjebak di sisi-sisi Saturmus. Ini bertahan sampai Christian Huygens menggunakan teleskop yang lebih bagus untuk membukyikan bahwa Saturnus memiliki cincin yang terkenal.

4. Saturnus hanya dikunjungi 4 kali oleh pesawat luar angkasa.
Hanya 4 pesawat luar angkasa yang dikirimkan dari Bumi yang pernah mengunjungi Saturmus, dan 3 diantaranya hanya penerbangan singkat. Pioneer 11 pertama, pada tahun 1979, yang terbang di dalam Saturnus sepanjang  20.000 km. Selanjutnya Voyager 1 pada 1980, dan kemudian Voyager 2 pada 1981. Tidak dilakukan penerbangan lagi sampai  kedatangan Cassini pada 2004, yang merupakan pesawat luar angkasa yang pergi menuju orbit di sekaliling Saturnus dan mengambil foto planet dan cincinnya serta satelit-satelitnya.

5.Saturnus memiliki 60 satelit.
Jupiter memiliki 63 satelit yang telah ditemukan, sedangkan  Saturnus hampir  60. Berikut ini adalah yang berukuran besar, seperti Titan, bulan terbesar kedua di Tata Surya. Tapi kebanyakan berukuran kecil – diameter hanya beberapa km. Bahkan, yang terakhir 4 ditemukan oleh pengorbit Cassini milik NASA hanya beberapa tahun yang lalu. Lebih mungkin akan ditemukan di tahun-tahun mendatang.

6. Berapa lama dalam satu hari di Saturnus adalah misteri.
Menentukan kecepatan rotasi Saturnus sebenarnya sangat sulit untuk dilakukan. Planet ini tidak memiliki permukaan padat, sehingga tidak seperti kalian dapat menonton untuk melihat berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk sebuah kawah untuk memutar kembali. Untuk menentukan kecepatan rotasi Saturnus, para astronom harus mengukur rotasi medan magnet planet. Dengan satu pengukuran, Saturnus membutuhkan waktu 10 jam dan 14 menit untuk mengaktifkan orbitnya, tapi ketika Cassini mendekati Saturnus, itu mencatat waktu rotasi pada 10 jam dan 45 menit. Para astronom kini menyepakati suatu hari rata-rata 10 jam, 32 menit dan 35 detik.

7. Cincin Saturnus bisa jadi berusia tua atau mereka bisa jadi berusia muda.
Ada kemungkinan bahwa cincin Saturnus telah ada sejak awal Tata Surya-hampir 4,6 milyar tahun yang lalu. Mereka telah dibuat ketika 300 km bulan es terkoyak oleh gravitasi Saturnus dan membentuk sebuah cincin di planet ini. Ada juga kemungkinan bahwa mereka adalah sisa material ketika Saturnus terbentuk dalam nebula surya. Tapi astronom juga menemukan bahwa bahan cincin terlihat terlalu bersih telah terbentuk begitu lama dan bisa menjadi semuda 100 juta tahun. Itu semua hanya sebuah misteri besar.

8. Terkadang cincin hilang
Yah, mereka tidak benar-benar hilang, tetapi mereka terlihat seperti mereka akan pergi. Sumbu Saturnus dimiringkan, seperti Bumi. Dari sudut pandang kita, kita melihat posisi Saturnus berubah karena membutuhkan perjalanan 30 tahunnya mengelilingi matahari. Kadang-kadang, cincin terbuka penuh dan kita melihat semua keagungan mereka, tapi di lain waktu  kita melihat tepi cincin terlihat seperti menghilang. Ini terjadi pada 2008-2009, dan kemudian kembali pada 2024-2025.

9. Kalian dapat melihat Saturnus dengan mata kalian sendiri.
Saturnus muncul sebagai salah satu dari 5 planet terlihat dengan mata telanjang. Jika Saturnus di langit di malam hari, kalian dapat luar dan melihatnya. Untuk melihat cincin dan bola dari planet itu sendiri, kalian harus mengintip melalui teleskop. Tapi kalian bisa membuat terpukau teman-teman dan keluarga kalian dengan menunjukkan bahwa bintang terang di langit, dan membiarkan mereka tahu bahwa mereka sedang melihat Saturnus.

10. Mungkin ada kehidupan di dekat Saturnus.
Tidak ada kehidupan di Saturnus, planet ini tidak mendukung untuk adanya suatu kehidupan. Tapi mungkin ada kehidupan di salah satu satelit Saturnus yaitu Enceladus.  pesawat ruang angkasa Cassini dari NASA baru menemukan peledakan keluar geyser es dari kutub selatan Enceladus. Ini berarti bahwa beberapa proses menjaga bulan cukup hangat sehingga air bisa tetap cair. Dan di mana pun kita menemukan air dalam bentuk cair di Bumi, kita menemukan kehidupan.
Nah, itu tadi adalah beberapa fakta unik mengenai Planet Saturnus yang mungkin belum kalian ketahui. Dan masih banyak lagi fakta-fakta menarik tentang Planet Saturnus. Sekian postingan saya kali ini byee!:))

0 komentar:

Posting Komentar