Senin, 11 November 2013

Sejarah Tower Bridge

Haii teman :) postingan kali ini saya akan membahas tentang bangunan bersejarah nih namanya Tower Bridge. Kalian udah pada tau belom? kalo pengen tau langsung aja baca, checkitout;D

Tower Bridge adalah jembatan bascule, yaitu jembatan yang bisa dinaikkan, yang melintas di atas Sungai Thames, kota London. Tower Bridge terletak di dekat Tower of London. Nama jembatan ini dibuat mirip dengan bangunan Tower of London. Sesekali orang menyebut Tower Bridge dengan Lodon Bridge. Tower Bridge dibangun sebagai jembatan yang menjadi perlintasan terakhir di atas sungai Thames, sebelum laut lepas. Jembatan bergaya arsitektur abad pertengahan ini memakai kerangka baja yang kuat dan dilapisi beton dengan pernak-pernik dekorasi yang indah.

Jembatan terdiri dari dua bagian yang dapat terangkat dan dinaikkan menggunakan mesin hidrolik. Sistem hidrolik di Tower Bridge ditemukan pertama kali oleh William George Amstrong. Sistem hidrolik di Tower Bridge menggunakan empat buah ketel uap bertungku ganda berbahan bakar batubara.

Bascule membuat kapal-kapal bertiang tinggi bisa tetap lewat. Ketika Bascule dinaikkan, pejalan kaki tetap dapat melintsai Sunga Thames. Mereka bisa menggunakan jembatan khusus pejalan kaki setinggi 43 meter. Untuk naik ke tempat berjalan digunakan 2 tangga dengan 206 anak tangga di masing-masing menara. Selain itu juga terdapat lift-hidrolik yang sanggup mengangkat 625 orang dalam satu jam.

Saat Tower Bridge masih dalam tahap pembangunan, Horace Jones sang arsitek meninggal dunia. John Wolfe Barry kemudian meneruskan dan mengambil alih tanggung jawab Horace Jones. Dalam desain Horace Jones, ada lengkungan di atas jembatan. Lengkungan itu membuat bascule tidak dapat dibuka habis dan membuat ruang tempat kapal lewat menjadi sempit. John Wolfe Barry kemudian memperbaiki rancangan tersebut sehingga bascule bisa dibuka habis seperti sekarang. Sekian teman postingan saya kali ini semoga menambah wawasan kalian :D Wassalamu'alaikum

0 komentar:

Posting Komentar